Jumat, 06 Desember 2013

Kamus Hijab Modern: 30 Serba-Serbi Hijab Yang Harus Kamu Tahu (Part I)




Kamus Hijab Modern: 30 Serba-Serbi Hijab Yang Harus Kamu Tahu - Bagian I

Dear ladies, kali ini saya akan mengupas serba-serbi istilah hijab modern. Hijab di masa kini mengalami perkembangan yang signifikan, begitu juga dengan pernak-pernik hijab yang semakin beragam. Sebagai hijaber yang bijak kita tetap harus teliti dan mawas diri untuk berpenampilan sopan, sehingga tidak salah memilih item hijab dan tidak menjadi korban mode hanya karena keliru memilih outfit yang pantas dan pas buat kita. Banyaknya item fashion hijab yang ada dipasaran tidak jarang membuat kita bingung. Sebagai hijabers tak ada salahnya untuk mengenal serba-serbi hijab modernlebih dekat sebagai media pendukung nilai keislaman yang kita butuhkan dalam berbusana.



Well, kali ini sengaja saya bagikan 30 istilah hijab modern dan sedikit tips dari saya mengenai  beberapa istilah fashion dalam berhijab yang saya rangkum dari berbagai sumber. Karena cukup panjang, artikel ini sengaja saya pecah menjadi dua. Untuk part II-nya bisa di baca di sini. Ok, langsung saja kita baca part I-nya yuk, 



1. Inner hijab: Yang paling dasar dari hijab masa kini adalah istilah inner hijab atau biasa disebut dalaman hijab. Biasanya berupa ciput, inner ninja, maupun bonnet. Dalaman hijab ini biasanya juga digunakan sebelum inner hijab ninja. Inner hijab sangat membantu para hijabers untuk mencegah insiden hijab micky mouse (kuping terlihat) dan rambut mencuat keluar.



2. Inner hijab topi (ciput): Fungsinya mirip dengan inner hijab, hanya saja dibagian depan dilengkapi kanopi serupa topi. Ada dua jenis inner hijab topi yang beredar dipasaran. Yang pertama adalah jenis inner yang bisa langsung digunakan,  sementara inner jenis lainnya harus diikat terlebih dahulu. Saat ini bentuk inner hijab topi sudah bermacam-macam. Ada yang diberi variasi renda, warna, kerut dan sebagainya.

A: Inner Hijab As An Outer. B: An Inner Hijab Ninja. C: Manset. D: Two-Tone Pashmina





3. Inner hijab ninja: Bentuknya seperti kerudung instan. Biasanya panjangnya hanya di bawah leher. Pada bagian belakangnya ada yang diberi cepol, ada yang tidak. Inner hijab ninja biasanya menggunakan kancing atau resleting sebagai penyambung, ada juga yang menggunakan karet sehingga bisa langsung dipasang.



4. Inner hijab ANTEM: Inner hijab ANTEM alias inner hijab anti tembem memberikan solusi pintas buat pipi wajah bulat dan Chubby. Inner ini juga dikenal dengan headdress. Sebenarnya sekilas sama dengan ciput ninja lainnya, hanya desainnya ber-cutting lurus sehingga pipi tidak terlalu terekspose dan nampak ramping -tidak chubby lagi. Selain itu, desain pada bagian leher  juga terlihat lebih ramping sehingga memberikan efek wajah tirus. Untuk penggunaan inner hijab yang tepat baca artikel saya yang berjudul Kiat Berhijab Untuk Wajah Bulat Dan Pipi Chubby



5. Pashmina hijab: Pashmina atau pashm adalah jenis serat natural yang dipintal dari bulu domba liar yang hidup di pegunungan Asia. Salah satu serat berkelas ini bersifat tipis, lembut, ringan tapi efektif melindungi tubuh dari hawa dingin. Awalnya pashmina sering kali dipintal dalam wujud kain panjang bermotif Paisley, sehingga sebutan pashminapun identik dengan wujud tersebut.



Jadi bisa ditebak, pashmina hijab itu adalah kerudung persegi panjang yang terbuat dari bahan pashmina.Namun jaman sekarang hijab pashmina sudah terbuat dari aneka jenis kain dan motif. Hijab segi panjang dengan material chiffon, kaos, rayon, rajut dan sebagainya, semua secara “salah kaprah’ disebut pashmina. Well, pengertian pashmina kini bergeser, menjadi mengacu pada semua jenis hijab yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran, motif dan material yang bervariasi. Salah satu pashmina dengan motif yang sedang trend saat ini yaitu pashmina motif tribal dan pashmina two-tone.

I am wearing Pashmina with Turban Style



6. Jilbab segi empat: Jilbab segi empat adalah kain berbentuk bujur sangkar dan umumnya terbuat dari bahan katun paris dan chiffon. Untuk menggunakan, umumnya dibentuk segitiga lebih dulu, namun teknik hijab modern saat inisudah membuat penggunaan jilbab segi empat ini makin bervariasi.



Saya sendiri, sebagai hijab stylist juga suka berkreasi dengan hijab segi empat dengan material satin.  Pengunaan satin untuk hijab cukup digemari karena memberi kesan yang simple, mewah dan elegant. Buat kamu yang penasaran bisa di intip tutorialnya disini. 

My Square Satin Hijab



7. Shawl hijab: Dalam bahasa Indonesia shawl biasa disebut syal, yaitu secarik kain yang bisa dililitkan di kepala, leher, pinggang atau sekedar aksesori yang diikat pada tas. Bentuknya bisa beraneka macam: panjang, segitiga atau segiempat. Dengan semakin berkembangnya mode, shawl kini juga diaplikasikan sebagai hijab.



8. Drapery Hijab Style: Merupakan style hijab modern dengan melipat atau menumpuk hijab menyerupai lekukan gorden. Style ini sangat booming dikalangan hijabers karena selain memberi efek feminin dan girly, cara ini sangat mudah diaplikasikan dan membutuhkan sedikit jarum. Klik linkini untuk melihat contoh tutorial dengan teknik drapery.  

Me, in drapery hijab style
 

9. Korsase Hijab Style: Teknik membentuk hijab serupa korsase sebagai hiasan. Teknik ini sedikit rumit bagi sebagian hijaber karena membutuhkan banyak jarum. Hijab dengan hiasan korsase (hasil kreasi bukan instan) cocok dikenakan ketika kita akan menghadiri acara spesial seperti pesta atau wisuda. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat tutorialnya disini. 



Korsase hijab style ini ternyata juga bisa diaplikasikan untuk hijab harian. Tentu saja dengan style ringan yang tidak terlalu memakan banyak jarum. Silahkan klik tutorialnya disini. 

My Hijab Style With A light Corsage




10. Hijab gaya turban: Hijab gaya turban adalah model hijab modernyang menghabiskan sebagian besar kerudung pada bagian kepala dan leher. Ada juga yang berupa turban instan dan bisa langsung pakai. Namun gaya hijab ini kurang menutupi dada dan biasanya bisa disiasati dengan menggunakan scarf tambahan atau outer. Sering digunakan untuk wanita yang aktif dan dinamis dalam kesehariannya. Sementara Hijab Semi Turban adalah istilah yang digunakan untuk tampilan hijab turban dengan sedikit juntaian hijab disalah satu sisinya.



11. Loose Hijab Style: Merupakan tampilan style hijab modern dengan membiarkan hijab lepas dan  menjuntai. Tampilan ini cukup digemari banyak hijabers karena selain memberi kesan feminim dan anggun juga mampu menutup dada dengan sempurna.

I Am In My Loose Hijab Style


12. Sleek Hijab Style: Berkebalikan dengan loose style, sleek style hijab merupakan tampilan hijab modern dengan style yang ringkas, tanpa menyisakan juntaian. Biasanya berbentuk turban dan tidak menutup dada. Karena itu, saat mengaplikasikan sleek hijab style pastikan bahwa dress yang kita kenakan longgar dan tidak ketat. Contoh tutorial sleek hijab style bisa dilihat disini. 



13. Gaya jilbab basic: Gaya jilbab ini digunakan sejak dulu dan everlasting. Tidak pernah nampak kuno dan masih digemari orang. Aplikasinya yaitu dengan melipat kerudung segi empat menjadi segitiga dan menyematkan kedua sisinya di bawah dagu. Namun style hijab modern dewasa ini juga menawarkan style hijab basic yang sedikit dimodif dengan menonjolkan sisi drapery dibagian depan. Tutorial versi pashmina-nya bisa dilihat disini.  

I Am In A Basic Hijab Style


14. Jilbab Bergo:  Hijab ini biasa dikenal dengan hijab sosor, selobok atau hijab instant. Salah satu bentuk bergo adalah yang memiliki pet atau bantalan spon dibagian atasnya yang umumnya berbentuk setengah lingkaran. Fungsinya sebagai pembentuk bagian atas bergosupaya terlihat rapi saat dikenakan. Tetapi tidak hanya itu, pet pada bergo juga berfungsi sebagai pengkoreksi bentuk wajah supaya terlihat lebih ideal.



15. Manset: Manset adalah pakaian yang bisa digunakan sebagai dalaman saat menggunakan pakaian lengan pendek atau pakaian luar yang agak tembus pandang. Jenis manset ada dua macam, yang menutup separuh badan dan yang menutup seluruh badan, berbentuk dress.




Bersambung disini.

Artikel ini terjemahan dari artikel hijab versi Bahasa Inggris di HIJAB MODE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar